Me?

My photo
Student/Dancer/Musician/Vegan/Human

08 June 2013

An Auto Immune Story

Jadi, gue penderita auto imun. Gue benci banget sama auto imun. Kalo bisa, gue pengen kata 'auto' sama 'imun' gak pernah disatuin lagi jadi satu frase yang sama. Gue prefer kena auto imut daripada auto imun.

Pertama kali gue didiagnosa auto imun tuh tahun 2008. Tahun itu gue masih kelas 2 SMP,  masih semangat, masih ikut aikido, masih maen friendster, dan masih rada alay. Gara-gara auto imun ini, gue gak boleh lagi ikut aikido. Padahal waktu itu gue baru ikut kenaikan tingkat yang kedua, jadi pas lagi semangat-semangatnya. Gue ngerasa kayak setengah hidup gue diambil dari gue. Gue udah gak boleh ngelakuin semua hal yang gue suka. Biasanya gue bisa pecicilan ke mana-mana, ngebanting-banting orang di dojoo, main basket panas-panasan, makan apapun yang gue suka, dan setelah auto imun, jangankan ikut aikido, untuk jalan pake kaki sendiri aja gue harus latihan lagi.

Pas gue lagi kumat, gue diopname 2 minggu, tapi pemulihannya yang lama. Kalo ditotal, pas semester pertama gue di kelas 2 SMP, gue gak masuk 2,5 bulan. Pas gue mulai sekolah lagi, gue mulai ngerasain efek-efek samping dari pembolosan setengah semester. Semua nilai gue jeblok, gue gak bisa belajar bener soalnya hampir tiap hari gue harus ke rumah sakit ato ke tempat pengobatan alternatif. Gue jadi gak punya temen, gue gak tau apa yang terjadi di sekolah selama setengah semester itu tadi. Gue jadi makin males sekolah. Di masa-masa ini, gue bener-bener suram dan ngerasa useless banget bagi umat manusia.

Tapi, ternyata auto imun yang gue benci banget ini ngebuka satu pintu baru buat gue. Karena gue gak bisa ikut ekstrakurikuler apa-apa, akhirnya gue ngikut Amed, temen baik gue sampe sekarang, daftar di biology club. Padahal waktu itu, gue bahkan gak tau biology club itu ngapain. Di sini gue ketemu Nico sama Felis, adek kelas gue yang sampe sekarang masih deket sama gue. Walau tadinya gue gak begitu suka belajar biologi, lama-lama gue terbiasa juga trus jadi suka banget sama biologi. Malah, makin ke sini, gue makin yakin kalo sebenernya passion gue di bidang biologi.

Entah kenapa dan gimana, tiba-tiba gue dipilih untuk ikut tim olimpiade biologinya SMP gue. Sebenernya ini bukan prestasi besar ato sesuatu yang bisa dibanggain, tapi di saat itu, di saat gue ngerasa worthless sama gak bisa ngapa-ngapain, dipilih untuk ngelakuin sesuatu juga udah cukup buat gue. Sejak saat itu, gue mulai bisa semangat ngapa-ngapain lagi.

Di tim ini, barulah gue ngerasa ada orang-orang yang support gue, ngerti gue, dan mau ngebantuin gue untuk sukses sama-sama. Mungkin gue gak sepinter-pinter mereka, tapi gue ngerasa fit in di sini. Being part of something special makes you special, right?

(Amed, Felis, Nico, Anna, Tessa, Yohanes, Pradityo, Deo, Ken, kalo kalian baca ini, gue pengen ngucapin makasih. Banget. Sadar gak sadar, kalian loh yang bisa bikin gue bisa semangat sekolah lagi.)

Jadiii pada akhirnya gue sadar, kalo auto imun gak bikin hidup gue berakhir. Auto imun gak bikin gue jadi gak bisa ngapa-ngapain. Susah gak hidup sama auto imun? Susah sih, kadang-kadang malah pake banget. Gue cuma harus berjuang biar auto imun ini gak ngehalangin gue untuk dapet apa yang gue pengen. I have auto immune disorders, but auto immune disorders don't have me.

Fight!

No comments:

Post a Comment