Me?

My photo
Student/Dancer/Musician/Vegan/Human

20 June 2012

Alasan Kenapa Masuk IPA Itu (Terkadang) Overrated -_-

Yak! Sekarang, kebanyakan SMA udah terima rapot. Sekolah gw udah. Buat yang naik kelas, SELAMAT! Buat yang belum berhasil, SEMANGAT! Dan kalo buat anak-anak kelas 10 yang baru penjurusan, udah terima nasib aja kamu masuk jurusan apa. Tapi di postingan ini gw mau ngebahas jurusan IPA nih. Kadang-kadang gw denger percakapan kayak gini,

"Kak, gimana sih rasanya masuk IPA?" tanya anak kelas 10 yang masih galau jurusan.
"Kamu akan merasakan NERAKA, nak! NERAKA! Muahahaha!!" jawab temen gw.
*si anak kelas 10 lari dan tak pernah kembali*

Atau,

"Kelas IPA tuh kayak gimana sih?" tanya gw setaun yang lalu.
"Cetek abis! Lu gak usah masuk kelas juga asal baca bukunya pasti bisa dapet 100 terus! Temen-temennya juga asik abis buat diajak maen. Top dah!" jawab kakak kelas gw (anak OSN, penipu kelas kakap, sebut saja 'Mawar', dan kalo LU 'Mawar' baca ini, F*** YOU!)

Jangan percaya pada 2 jawaban ekstrim di atas, anak-anak. Masing-masing ada benernya, ada salahnya. Definisi masuk IPA yang masuk cuma anak-anak pinter, masa depan cerah, dan (dalam kasus kakak kelas gw) nyante, sebenernya cuma mitos. Ini kesaksian gw.

1. "Tapi kan kak, kalo masuk IPA ntar jurusan buat kuliah pilihannya lebih banyak?"
Emang sih. Misalnya kalo lu ambil IPA lu masih bisa kuliah hukum dan kedokteran dan kalo lu masuk IPS lu cuma bisa ambil hukum gak bisa ambil kedokteran. Kalo kayak gini, ya dari awal lu musti udah tau dulu dong lu pengen masuk apa. Kalo emang pengen desain, akutansi, hukum, ato temen-temennya, gak usah repot-repot masuk IPA juga.
2. "Masuk IPA kan keren! Yang masuk IPA kan anak-anak pinter!"
Ndasmu. Nih gw bisa bertahan hidup di IPA. Definisi pinter tuh beda-beda. Orang yang IQnya 166 belum tentu niat ngutak-ngatik rumus termodinamika, mungkin dia lebih suka ngeliatin kurva ekonomi. Sama kayak jawaban no. 1, ini masih tentang passion sih. Kalo mau keren-kerenan, drop out aja sana trus bikin boy band.
3. "Di IPA asik gak ada hapal-hapalan!"
Kalo udah ketemu biologi  dan masih bisa bilang 'gak ada hapal-hapalan' kamu sakti. Ato lebih tepatnya sakit.
Ini cuma biologi dasar... dan ini 800an halaman.
Emang sih nanti ke belakangnya biologi pake logika juga, tapi sampe saat itu tiba, lu musti apalin dulu buku-buku Campbell itu. Jangan lupa juga teori-teori kimia sama fisika, itu juga masih harus dihapal loh. JANGAN LUPA JUGA RUMUS-RUMUSNYA ITU!
4. "Kata Kak 'Mawar', IPA kan gampaaang! Nyante lagi!"
Dan satu semester lagi, lu bakal pengen nyeburin si 'Mawar' ke kolam formalin. Di IPA, pr tugas makalah laporan praktikum latihan soal ulangan tes kuis itu NYATA lho. Di IPS juga ada sih, cuma minus laporan praktikum aja. Sebenernya sama aja, tapi kok dari pengalaman gw kok anak IPA lebih panikan kalo udah ngadepin  yang kayak beginian.
Nah, itu  kesaksian gw setelah jadi anak IPA selama setaun. Ada pertanyaan?


No comments:

Post a Comment